Menjaga Akun FB Anda

By | January 11, 2017
test

Download PDF

Menjaga Akun FB Anda

Oleh

Mahendra Adhi Nugroho

Dua puluh tahun lalu situs jejaring sosial FB mulai diluncurkan di negara asalnya. FB mendapat respon luar biasa dari masyarakat pengguna internet dari segala lapisan sosial. Situs jejaring sosial yang satu ini mampu menggeser popularitas situs jejaring sosial pendahulunya seperti twitter, Friendster dan lain sebagainya. Meskipun tidak sampai menghilangkan pendahulunya, popularitas FB melesat jauh meninggalkan pendahulunya. Di Indonesia FB mulai dikenal dua tahun dan mendapat respon luar biasa dari masyarakat segala lapisan sosial dan lapisan umur. Segmen pengguna FB paling banyak pada usia remaja dan dewasa muda (18-24 tahun) dan diikuti oleh segmen umur 13-14 tahun. Popularitas FB tidak lepas dari keunggulan yang dimiliki FB yang memberikan kemudahan dan fasilitas lebih dari pendahulunya.

Pemanfaatan FB sangat beragam dari sekadar untuk mencari teman lama yang terpisah jarak sampai pemanfaatan untuk bisnis. Pemanfaatan biasanya dengan cara membuat jaringan pertemanan dengan mencari teman menggunakan e-mail, sekolah, pekerjaan atau nama. Cara kedua adalah dengan membuat grup. Cara inilah yang dimanfaatkan oleh komunitas tertentu untuk mencari dukungan seperti yen terjadi beberapa saat yang lalu untuk menggalang dukungan terhadap ketua KPK Bibit-Samad dan dukungan terhadap Prita Mulyasari. Cara ini sangat efektif untuk beberapa kasus. Grup FB juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunitas bisnis seperti yang dilakukan oleh komunitas bisnis di Jepara. Meskipun demikian, FB juga dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan. Beberapa kasus kejahatan dengan memanfaatkan FB seperti penipuan, pelacuran online, pencemaran nama baik, dan penyalahgunaan akun orang lain untuk melakukan kejahatan juga marak terjadi akhir-akhir ini. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara kita melindungi diri dari efek negatif tersebut? Aman kah akun FB kita?

Sebelum kita membahas bagaimana keamanan dari FB, akan lebih baik kita pahami dahulu cara kerja dari FB. Perlu kita pahami bersama bahwa FB merupakan ruang virtual untuk bertemu satu orang dengan orang lain secara virtual. Ketika kita membuat akun baru di dalam FB secara otomatis kita mempunyai ruang pribadi yang tidak bisa diakses oleh orang lain selain diri sendiri. Tetapi ketika kita mencari teman dan teman tersebut menerima anda sebagai teman atau kita menerima ajakan pertemuan orang lain yang datang pada akun kita, maka secara otomatis ruang yang kita miliki menjadi bisa diakses oleh teman kita yang tergabung dalam jaringan yang sama dengan kita jika kita mengizinkan. Hal tersebut dapat terjadi karena teman kita dapat mengakses “wall”, “profil” dan lain sebagainya dari akun kita selama kita mengizinkan. Atau dapat kita analogikan sebagai berikut: ada satu ruang besar (FB) di dalamnya terdapat lima ruang yaitu ruang A,B,C,D, dan E. Ketika kita mendaftar untuk tinggal di ruang besar tersebut kita diberi ruang A oleh pengelola ruang besar Pada suatu ketika penghuni ruang B yang memiliki teman penghuni ruang C, dan D mengajak anda berteman dan anda menerimanya, maka baik penghuni ruang B,C dan D dapat melihat isi ruang anda jika anda mengizinkan. Bagaimana penghuni ruang E? penghuni ruang E dapat melihat ruang anda dengan ketika diajak atau mengajak pertemanan dan diterima oleh anda (penghuni ruang A), penghuni ruang D, C, atau D. Dengan analogi tersebut maka FB dapat menjadi ruang virtual semi publik.

Dengan cara kerja tersebut maka isu keamanan menjadi sangat krusial dalam pemanfaatan FB. Secara umum semua jenis sistem informasi memiliki dua sisi metode pengamanan yaitu pengamanan secara teknis dan pengamanan secara manusia. Pengamanan secara teknis mengacu pada pengamanan yang bersifat teknikal sedangkan pengamanan sisi manusia mengacu pada perilaku pengguna dari sistem itu sendiri. Pengamanan teknis secara umum dapat dibagi menjadi dua yaitu pengamanan yang berupa pengamanan secara fisik dan pengamanan secara aplikasi. Pengamanan fisik dapat dilakukan dengan pembatasan akses terhadap sistem itu sendiri dengan cara fisik misalnya dengan meletakkan komputer pada ruang terkunci yang dijaga atau melepas jaringan internet dengan mencabut modem atau kabel jaringan. Tipe pengamanan fisik biasanya sulit diterapkan pada pengamanan FB karena jika akses suatu komputer dibatasi FB tetap dapat diakses menggunakan komputer lain.

Pengamanan teknis secara umum yang sering digunakan dalam Facebook adalah tipe pengamanan aplikasi. Tipe pengamanan aplikasi dilakukan dengan menambah fitur pengamanan terhadap aplikasi itu sendiri misalnya menggunakan password dan pengaturan setting keamanan. Password yang kita buat ketika kita membuat akun FB menjadi sangat penting untuk dirahasiakan. Sebagai tanggung jawab kepada penggunanya pihak penyelenggara situs FB dapat dipastikan memberikan pengamanan pada sinusnya dengan aplikasi yang layak. Fasilitas link untuk melaporkan penyalahgunaan akun merupakan bukti nyata usaha pengamanan oleh pengelola FB. Meskipun demikian usaha orang yang tidak bertanggungjawab tidak terhenti. Beberapa teknik seperti hacking, cracking, sniffing, dan lain sebagainya masih mungkin dilakukan. Aplikasi untuk melakukan hal tersebut banyak tersedia di pasar dengan harga relatif murah.

Pengamanan yang paling efektif dan mudah dilakukan bagi pengguna FB adalah pengamanan sisi manusia. Pengamanan sisi manusia adalah pengamanan yang berfokus pada manusia sebagai pengguna itu sendiri dalam konteks ini adalah pengguna FB. Pengguna FB harus memahami cara kerja FB dengan benar pemahaman tersebut dapat membantu pengguna FB untuk mengamankan diri dari ulah orang tidak bertanggungjawab. Beberapa tips dari, penulis yang dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Jangan biarkan komputer atau browser internet mengingat/merekam password untuk username Jangan beri tanda centang pada kotak “keep me login” ketika anda ingin login dalam akun anda. Jika anda lakukan maka akun anda akan tetap terbuka jika anda menutup browser. Di samping itu, ketika kita memasuki suatu alamat web yang membutuhkan username dan password biasanya browser (misal Firefox) akan memberi kita konfirmasi agar komputer menyimpan password untuk username situs yang bersangkutan. Ketika konfirmasi itu muncul sebaiknya kita jawab tidak terutama jika kita mengakses FB dari tempat umum seperti warnet.
  • Pastikan anda telah keluar (logout) secara benar dan sempurna sebelum meninggalkan Jangan langsung tutup browser sebelum. Beberapa browser internet akan melakukan recovery jika terjadi masalah dalam menjalankan program. Memastikan komputer sebelum menutup browser atau menutup browser tanpa logout terlebih dahulu terkadang dianggap sistem error dan browser akan melakukan recovery secara otomatis.
  • Pastikan history komputer terhapus ketika meninggalkan FB. Lakukan setting pada browser anda untuk menghapus history ketika browser File history dapat diakses oleh orang tertentu yang memahami sistem komputer dan terkadang password FB kita tercatat dalam file tersebut
  • Jangan gunakan tanggal lahir, nama hewan peliharaan, nama anda, nama saudara, orang tua, pacar, kesukaan dan hal-hal pribadi yang mudah ditebak sebagai password. Hal-hal tersebut mudah ditebak oleh orang Kombinasi huruf dan angka merupakan password yang paling kuat
  • Kelola profil anda dengan Profil anda merupakan data pribadi anda, data tersebut dapat memberikan manfaat tapi juga dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan pada diri anda. FB memberikan kita fitur untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat profil kita
  • Maksimalkan fitur keamanan dalam FB dengan mengelola setting akun dengan FB telah memberikan fitur keamanan dalam aplikasi anda. Jika dikelola dengan baik FB maka akun FB anda relatif lebih aman.
  • Hati-hati pada pesan yang Pesan mencurigakan dapat berupa tawarkan sesuatu, tawarkan untuk melihat video, mengikuti link dan lain sebagainya. Tawarkan tersebut dapat menggiring kita pada situs tertentu atau bahkan berupa spam yang merugikan. Link mencurigakan dapat juga mengandung virus. Jangan langsung klik pesan mencurigakan, pelajari dahulu, baru putuskan.
  • Tetaplah selektif memilih Jika nada belum pernah kenal dan bertemu secara fisik dengan teman yang mengajak berteman melalui FB sebaiknya anda berhati-hati. Sikap kehati-hatian perlu dilakukan mengingat identitas yang digunakan dalam FB dapat dengan mudah dipalsukan.

Pengamanan paling baik adalah pengamanan yang dilakukan oleh pengguna FB itu sendiri. Perlu kita ingat bahwa FB dapat menjadi pisau bermata dua. Jika kita tidak hati-hati menggunakannya akan mencelakai kita sendiri. Dengan sifat FB dapat menjadi ruang virtual semi publik maka etika pergaulan umum akan tetap berlaku. Kasus pencemaran nama baik menggunakan FB dapat terjadi karena pengguna kurang bijaksana menggunakan FB dan melanggar etika pergaulan secara umum. Bagaimanapun juga FB hanya alat baik buruknya tergantung penggunanya. Ambil positifnya tinggalkan negatifnya.

*) Tulisan ini di edit dari artikel dengan judul yang sama dan pernah diterbitkan pada harian Kedaulatan Rakyat pada Tajuk Digital tanggal 15 Maret 2010 halaman 15.

 

Informasi Artikel
Nama Penulis : Mahendra Adhi Nugroho
Judul Artikel : Menjaga Akun FB Anda
Tanggal upload : 11 Januari 2017
Tahun Publikasi : 2017
Web site : http://mahendra.biz.id
Cara Sitasi / Menulis di daftar pustaka (APA Stlye) :
Nugroho, M. A. (2017). Menjaga Akun FB Anda. Retrieved from http://mahendra.biz.id.